Sunday, May 17, 2009

Perbedaan ECG 12 Channel dengan ECG 1 Channel


Pada dasarnya ECG (Electro Cardio Graph) adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Jantung.
Pada awalnya didalam dunia kesehatan hanya mengenal ECG dengan 1 channel, kemudian berkembang dengan ECG 2 channel, dan terus berkembang menjadi ECG 3 channel.
Apa yang dimaksud dengan channel pada ECG ?
Channel pada ECG adalah jumlah grafik yang bisa di cetak pada kertas didalam satu kali proses pemeriksaan.

ECG mempunyai 12 macam hasil analisa yang dinamakan dengan Lead,12 lead tersebut menginterpretasikan 12 sisi jantung yang berbeda-beda sehingga didapatkan hasil analisa yang akurat mengenai kondisi jantung yang sebenarnya.


Gambar diatas adalah gambar jantung dan keterangan bagian yang di periksa. Secara ideal untuk pengukuran ECG, pengukuran keseluruhan kondisi jantung sebanyak 12 lead harusnya dilakukan secara bersamaan, jadi pada waktu yang sama kita bisa memeriksa kondisi keseluruhan jantung.

Jadi jika kita memakai ECG 1 channel untuk pemeriksaan maka kita mendapatkan 12 hasil pengukuran kondisi jantung dengan waktu yang berbeda. Ini sangat riskan karena antara waktu yang pertama dan berikutnya kita tidak mengetahui kondisi jantung yang lain karena pengukuran harus dilakukan secara berurutan.

Dengan teknologi terbaru dan memakai ECG 12 channel, maka kita dapat mengetahui keseluruhan kondisi jantung secara bersamaan.

Dari kelebihan diatas, maka dapat kita ketahui bahwa perbedaan dari ECG 12 channel dengan ECG 1, 2, 3 channel adalah sebagai berikut :

1. Dari segi waktu kita bisa melakukan pemeriksaan lebih cepat jika melakukan pemeriksaan dengan menggunakan ECG 12 channel, karena pada saat pemeriksaan proses pekerjaan hanya dilakukan dalam satu kali proses, sedangkan ECG yang lain dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan hasil.

2. Dari segi keakuratan hasil pemeriksaan ECG 12 channel lebih akurat, dikatakan lebih akurat karena hasil pemeriksaan yang didapatkan adalah kondisi seluruh jantung didalam satu waktu.


3 comments:

Robert said...

Salam Kenal
Alat Kesehatan ECG

Baehaqinur said...

Sangat Bermanfaat sekali artikel ini. Saya jadi paham apa yang dimaksud dengan channel ECG. Terimakasih banyak
Berbagi Ilmu

Toko Alat kesehatan said...

Mantap infonya, jelas sekali penjelasannya.